Dinsos Nias Selatan Salurkan Bansos 1.2 Miliyar Diduga Tidak Tepat Sasaran

Dinsos Nias Selatan Salurkan Bansos 1.2 Miliyar Diduga Tidak Tepat Sasaran


Nias Selatan, Dinas Sosial Kabupaten Nias Selatan menyalurkan Bantuan Sosial kepada Lansia dan Disabilitas tahun anggaran 2023 sebesar Rp.1.275.300.000 

Penyaluran Bansos tersebut berupa satu karung beras 15 kg per KPM (Keluarga Penerima Manfaat) yang tersebar di 7 Kecamatan di Pulau Telo dan Kecamatan Idanotae.

Kepala dinas sosial 'Sisofonada Duha saat dikonfirmasi diruang kerjanya,Rabu (14/08/2024) membenarkan bahwa Dinsos benar telah menyalurkan Bansos tersebut dan bahkan setiap penyaluran dilibatkan pihak kejaksaan Negeri Nias Selatan.

"Data Penerima bansos itu sebanyak 5.200 orang dan datanya dari Kepala Desa, sementara yang termasuk kategori lansia minimal berumur 60 tahun.dan kebanyakan penerima rata -rata umurnya 65 ke 70 tahun keatas yang ekonominya sangat prihatin.jelas Kadis.

Tambahnya menjelaskan bahwa ,"setiap penyaluran Bansos itu tetap kita libatkan pihak Kejaksaan .

Mirisnya,saat ditanya berapa jumlah penerima lansia dan Disabilitas setiap kecamatan ,Kadis sosial enggan merincinya.

Ditempat yang berbeda, Ketua DPW LSM Garuda Sakti Sumatera Utara 'Apnison Duha menyampaikan agar kiranya pihak dinas terkait ada ketransparanan dalam penggunaan anggaran,tidak harus ditutup-tutupi, sehingga tidak terkesan tidak tepat sasaran,Soal data penerima manfaat harus jelas, sehingga masyarakat desa juga memahami yang mana bansos dari desa dan yang mana bansos dari Dinsos.Papar Apnison."(Abdul)

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai dengan topik dan tidak menaruh link aktif. Terima kasih atas perhatiannya.

Previous Post Next Post